fbpx

21 Desember 2022

Untung Rugi Sewa Kios Dibanding Sewa Ruko

Jika Anda pebisnis yang sedang mempertimbangkan penyewaan lokasi untuk memulai usaha, tentunya akan dihadapkan pada pemilihan antara sewa kios di pusat perbelanjaan atau sewa ruko di pinggir jalan, nah berikut ini kita akan membahas keuntungan dan kerugian sewa kios atau sewa ruko dari beberapa aspek.

Keuntungan sewa kios dibandingkan sewa ruko

  1. Biaya awal lebih ringan

Walaupun nominal sewa per tahunnya mungkin ada kemiripan jumlah, namun sewa kios jauh lebih ringan secara cashflow keuangan karena bisa di cicil setiap bulan, dibandingkan sewa ruko yang Anda harus membayar lunas di muka.

  1. Jumlah pembeli lebih besar

Dibandingkan sewa di ruko dimana pembelinya adalah spesifik orang-orang tertentu yang memang sudah niat mau membeli dagangan kita, beda halnya dengan sewa kios di pusat perbelanjaan dimana selain memang orang tersebut sengaja menuju toko kita maka ada juga pengunjung yang sedang berjalan melewati depan toko kita dan tertarik membeli dagangan kita. Sehingga bisa dikatakan kemungkinan pembeli akan lebih besar jika kita sewa kios di pusat perbelanjaan.

  1. Keamanan terjamin

Karena kios yang kita sewa berada di dalam gedung, tentunya kita tidak perlu khawatir karena toko kita akan ikut diawasi oleh system pengamanan yang dilakukan oleh pihak gedung. Biasanya pengamanannya akan lebih baik dibandingkan jika kita kelola sendiri.

Kerugian sewa kios dibandingkan sewa ruko

  1. Toko tidak terlihat dari jalan raya

Salah satu kelemahan sewa kios di dalam gedung adalah toko kita tidak dapat terlihat langsung dari jalan raya selayaknya ruko. Hal ini tentunya tidak begitu berpengaruh jika brand toko Anda sudah besar dan terkenal, maka pengunjung sudah paham dengan barang dagangan yang Anda jual.

  1. Wajib mengikuti peraturan gedung

Peraturan dan juga ketentuan yang telah ditetapkan oleh gedung pastinya standar dan diterapkan kepada seluruh penyewa kios. Peraturan tersebut juga pastinya dibuat berdasarkan peraturan pemerintah yang berlaku. Terkadang ada beberapa peraturan yang mungkin akan membatasi keleluasaan kita dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

  1. Tidak bisa merangkap tempat tinggal

Sewa kios di pusat perbelanjaan memang secara peraturan hanya diijinkan untuk melakukan bisnis pada waktu tertentu, dan tidak ada ada yang boleh menginap saat gedung tutup. Hal ini tentu berbeda dengan sewa ruko yang memberikan kebebasan pada Anda untuk menempatinya kapanpun selama perjanjian masih berlaku.