fbpx

10 Agustus

Pusat Audio Terlengkap di Jakarta

Glodok plaza sebagai pusat audio terlengkap di jakarta menyediakan berbagai macam jenis audio. Bagi Anda yang punya impian untuk memiliki audio system yang mumpuni di rumah maka disini tempat yang cocok untuk Anda kunjungi. Selain untuk digunakan oleh pribadi diri sendiri audio yang lengkap juga bisa Anda sewakan ke pegiat acara-acara besar seperti nikahan, konser, dan lain sebagainya.

Meskipun sebenarnya perangkat audio atau sound system bukanlah sesuatu yang langka karena mudah Anda jumpai dalam banyak kesempatan karena merupakan salah satu perangkat penting dari suatu acara, namun masih ada yang belum memahami sepenuhnya tentang sound system tersebut.

Selain orang yang bekerja sebagai soundman atau orang yang terjun ke dunia sound system, rasanya memang tak banyak yang kita ketahui dari perangkat sound system. Disini Anda juga dapat menemukan toko yang jual speaker murah di glodok plaza jakarta.

Untuk mengetahui perangkat sound system lebih dalam, berikut kami sajikan secara lengkap penjelasannya. Bagi Anda yang hendak terjun atau hendak mengoleksi sistem audio yang lengkap, maka penjelasan ini akan membantu untuk Anda.

Apa itu Sound System?

Merupakan sebuah istilah yang dipakai dalam penyebutan kumpulan alatalat elektronik yang punya fungsi dalam memproduksi suara, baik yang secara live di panggung atau bisa juga secara recording. Sound system merupakan satu kesatuan alat yang merupakan gabungan dari berbagai jenis device agar membuatnya makin lengkap, bukan hanya berbentuk dalam satu alat saja. Jika part didalamnya menggunakan bahan terbaik maka disebut juga audio high end.

Hal tersebut perlu ditekankan karena masih banyak bias di masyarakat yang sering mengartikan sound system hanya sekedar speaker saja, padahal sebenarnya lebih lengkap dan beragam komponennya. Speaker hanyalah satu dari komponen yang membentuk sound system. Speaker dengan harga mulai 1 jutaan bisa Anda cari di Glodok Plaza.

Apa saja perlengkapan sound system yang wajib ada?

Komponen yang menyusun sound system diantaranya adalah mixer, microphone, equalizer, power amplifier, sistem speaker, dan paket set audio rumahan lainnya. Tiap komponen tersebut harus bisa bekerja dengan baik dan optimal untuk bisa menghasilkan suara yang mantap tapi tetap enak didengar. Berikut adalah penjelasan lebih detailnya:

  1. Mixer

Alat ini memiliki fungsi sebagai yang mengoperasikan suara dalam sistem audio profesional dan merupakan salah satu bagian dari sound system lapangan yang tidak boleh diabaikan. Selain itu mixer juga bisa digunakan untuk mengatur nada mic yang berbeda-beda. 

Misalnya dalam suatu konser musik biasanya akan ada beberapa mic di atas panggung, mulai dari mic untuk si vokalis bernyanyi, mic untuk si gitaris, mic drummer, dan lain-lain seperti mic untuk suara pendukung. Nah banyaknya mic itu pastilah harus diatur tinggi rendahnya volumenya, disitulah mixer mengambil peran penting.

  1. Crossover

Sama halnya dengan mixer, crossover memiliki fungsi untuk mengatur suara dalam sound system. perbedaan diantara keduanya adalah crossover digunakan untuk membagi frekuensi nada yang nanti akan dihubungkan ke bagian amplifier. Pembagian dalam crossover ini terbagi dalam 3 bagian, yaitu low, mid, dan high.

  1. Equalizer

Komponen selanjutnya adalah equalizer, yang lagi-lagi hampir mirip dengan crossover. Namun terdapat perbedaan diantara keduanya yaitu equalizer digunakan untuk mengatur nada mulai dari low hingga high dan nantinya akan menampilkan grafik vokal yang muncul di dalam monitor atau perangkat komputer yang digunakan.

  1. Amplifier

Inti dari inti sound system adalah amplifier. Alat ini memiliki tugas untuk memproses suara yang akan dihasilkan. Terdapat jenis yang beragam mulai dari low, mid, sampai high.

  1. Speaker

Nah bagian atau komponen dari sound system yang sering Anda lihat saat ada acara-acara besar atau hajatan adalah ini, speaker atau sound. Alat ini memiliki tugas untuk mengeluarkan suara yang sudah diproses oleh amplifier tadi. Untuk mendapatkan speaker terbaik, Anda bisa mencarinya dengan kata kunci 10 merek speaker indoor terbaik.

Bagaimana caranya untuk membangun sound system yang bagus?

Sebelum pergi ke pusat audio terlengkap jakarta untuk membeli komponen sound system yang bagus perlu diketahui terlebih dahulu bagian apa saja yang penting dalam suatu sound system. Bagian mana yang penting bisa diketahui dari fungsi-fungsi tiap komponennya. 

Dari berbagai macam komponen sound system yang ada, terdapat satu bagian krusial yaitu power amplifier. Dari power amplifier yang bagus akan bisa menghasilkan suara yang mantab. Hal tersebut karena berkaitan dengan fungsi sound system yaitu untuk menambahkan volume suara yang sebenarnya menjadi 60% lebih kencang, dan yang memiliki peran krusial itu ya power amplifier.

Oleh karena itu saat hendak merakit sound system atau membeli perangkat sound system sebaiknya Anda cari yang memiliki kualitas power terbaik dan watt-nya yang besar. Contoh yang bisa Anda coba adalah power pabrikan atau power built up. Kehebatannya sudah terjamin akan jadi jauh lebih tinggi. Anda bisa konsultasi terlebih dahulu, misalnya dengan komunitas audio sebelum menentukan pilihan.

Untuk pemilihan watt-nya, sebaiknya Anda pilih minimal yang 100 sampai dengan 3000 watt. Memang jika ditilik dari range harganya jarang ada yang murah, namun tentu saja dari segi kualitas tidak akan mengecewakan Anda. 

Mengeluarkan biaya yang lebih mahal sedikit demi kualitas yang oke sangatlah worth it untuk dilakukan karena sound system dalam suatu kegiatan itu sangatlah penting. Bukannya mendukung kegiatan jadi lebih semarak dan meriah, sound system yang buruk malah akan membuat kegiatan Anda menjadi kacau.

Bagaimana merawat sound system yang baik?

Selain berusaha membeli komponen terbaik, seperti 10 merek speaker outdoor terbaik, Anda juga perlu merawatnya supaya tetap awet dan terjaga kualitasnya. Berikut adalah beberapa tips dalam merawatnya:

  1. Jaga selalu kebersihannya

Musuh utama perangkat elektronik manapun adalah debu kotoran. Oleh karena itu jaga selalu kebersihan dari sound system milik Anda. Bersihkan secara berkala dan hati-hati.

  1. Simpan di suhu ideal

Suhunya sebaiknya dipastikan untuk tidak terlalu lembab ataupun terlalu panas. Lembap bisa menyebabkan perangkat elektronik mati secara mendadak sedangkan jika terlalu panas akan memberikan efek yang merusak. Anda bisa atur suhu menggunakan AC, atau bisa juga menggunakan kipas angin.

  1. Gunakan secara berkala

Untuk menjaga kualitas suara dari perangkat tersebut sebaiknya gunakan secara teratur. Penggunaan yang sangat jarang bisa menyebabkan komponen rusak. Setidaknya gunakan satu kali dalam seminggu.

Bagi Anda masyarakat ibu kota dan sekitarnya, Glodok Plaza merupakan salah satu pusat perbelanjaan barang-barang elektronik yang sudah melegenda. Di sana Anda bisa cari 10 speaker portable terbaik dan berbagai macam perlengkapan elektronik lainnya.

Anda juga bisa menemukan karaoke daerah glodok plaza dengan mudah di sana. Perlahan tapi pasti Glodok Plaza akan menjadi pusat audio terlengkap jakarta.

Tags: jual Speaker Murah Glodok Plaza Jakarta, 10 Merek Speaker Indoor Terbaik, Speaker dengan harga mulai 1 jutaan, 10 Merek Speaker Outdoor Terbaik, Audio High End, 10 Speaker Portable Terbaik, Paket Set Audio Rumahan, Audio Professional, Komunitas Audio, Karaoke daerah Glodok Plaza