fbpx

Kamu Suka Kulineran? Coba 20 Makanan Tradisional Indonesia Berikut!

Indonesia terkenal dengan kekayaan budaya dan tradisi yang mempengaruhi setiap aspek kehidupan, termasuk kuliner. Makanan tradisional Indonesia memiliki cita rasa yang bervariasi, dari yang manis, pedas, hingga gurih, semuanya mencerminkan kekayaan alam dan warisan budaya nusantara.

Jika kamu adalah penggemar kuliner sejati, berikut adalah rekomendasi 20 makanan tradisional Indonesia yang wajib kamu coba. Yuk, kita eksplorasi berbagai makanan khas dari berbagai daerah yang penuh dengan rasa otentik dan keunikan!

20 Rekomendasi Makanan Tradisional Indonesia, Pernah Coba?

1. Rendang (Sumatera Barat)

Rendang

Rendang, makanan khas Minangkabau, sudah terkenal hingga ke mancanegara. Daging sapi yang dimasak dengan santan dan campuran rempah-rempah ini memiliki tekstur lembut dengan rasa gurih dan pedas.

2. Sate Madura (Jawa Timur)

Sate Madura adalah salah satu varian sate yang paling populer di Indonesia. Terbuat dari daging ayam atau kambing, sate ini dibakar dengan bumbu kacang yang manis dan sedikit pedas. Disajikan dengan lontong atau nasi.

3. Gudeg (Yogyakarta)

Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah. Hidangan ini memiliki rasa manis dan gurih, sering disajikan dengan nasi, ayam, dan sambal krecek.

4. Pempek (Palembang)

Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan tepung sagu, disajikan dengan kuah cuko yang asam dan pedas.

5. Babi Guling (Bali)

Babi Guling

Babi guling adalah hidangan khas Bali berupa babi yang dipanggang utuh dengan bumbu rempah Bali. Hidangan ini terkenal karena kulitnya yang garing dan daging yang lembut.

6. Rawon (Jawa Timur)

Rawon adalah sup daging sapi khas Jawa Timur yang berwarna hitam pekat karena penggunaan kluwek. Rasanya gurih dan sedikit pedas.

7. Nasi Liwet (Solo)

Nasi Liwet

Nasi liwet khas Solo ini terbuat dari nasi gurih yang dimasak dengan santan, disajikan dengan sayur labu siam, ayam suwir, dan telur pindang.

8. Papeda (Papua)

Papeda adalah makanan pokok masyarakat Papua yang terbuat dari sagu, disajikan dengan kuah ikan kuning.

9. Ayam Taliwang (Lombok)

Ayam Taliwang

Ayam taliwang khas Lombok ini dibumbui dengan cabai dan rempah-rempah lokal, memberikan rasa pedas yang kuat dan gurih.

10. Ikan Cakalang Fufu (Manado)

Ikan cakalang fufu adalah hidangan ikan asap khas Manado yang disajikan dengan bumbu pedas.

11. Nasi Kuning (Sulawesi)

Nasi Kuning

Nasi kuning khas Sulawesi ini dimasak dengan santan dan kunyit, sering disajikan dengan lauk seperti ayam goreng dan sambal goreng hati.

12. Tinutuan (Manado)

Tinutuan, atau bubur Manado, adalah makanan sehat yang terdiri dari berbagai sayuran dan disajikan dengan ikan asin dan sambal.

13. Seruit (Lampung)

Seruit

Seruit adalah hidangan khas Lampung yang terbuat dari ikan goreng atau bakar yang dicampur dengan sambal terasi dan tempoyak.

14. Karedok (Jawa Barat)

Karedok adalah salad tradisional Sunda yang terdiri dari sayuran mentah, disiram dengan saus kacang yang segar dan pedas.

15. Coto Makassar (Sulawesi Selatan)

Coto Makassar

Coto Makassar adalah sup daging khas Makassar yang terbuat dari jeroan sapi dan rempah-rempah.

16. Soto Banjar (Kalimantan Selatan)

Soto Banjar adalah soto ayam khas Banjarmasin dengan kuah bening dan rempah-rempah yang kuat.

17. Gohu Ikan (Maluku)

Gohu Ikan

Gohu ikan adalah hidangan ikan mentah khas Maluku yang mirip dengan sashimi, dicampur dengan jeruk nipis dan cabai.

18. Rujak Cingur (Surabaya)

Rujak cingur adalah makanan khas Surabaya yang terdiri dari irisan cingur (hidung sapi), sayuran, buah-buahan, disiram dengan bumbu kacang dan petis.

19. Bakpia (Yogyakarta)

Bakpia

Bakpia adalah kue tradisional Yogyakarta yang berisi kacang hijau atau varian isi lainnya, seperti coklat dan keju.

20. Es Dawet (Jawa Tengah)

Es dawet adalah minuman segar khas Jawa Tengah yang terbuat dari cendol dan disajikan dengan santan serta gula merah cair.

Jelajahi Ragam Kuliner di Kia-Kia Glodok Plaza!

Jika kamu tertarik untuk mencicipi beberapa makanan tradisional Indonesia yang legendaris ini, kunjungi Kia-Kia Glodok Plaza! Selain menjadi pusat perbelanjaan elektronik, Kia-Kia Glodok Plaza juga memiliki food court dengan berbagai pilihan kuliner yang menarik, termasuk makanan tradisional dari berbagai daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *