fbpx

06 April 2023

Jenis-jenis Speaker Berdasarkan Tipe dan Frekuensi

Jenis-jenis Speaker Berdasarkan Tipe dan Frekuensi

Mendengarkan musik menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang mampu menghilangkan kebosanan, dan alat wajib yang harus ada ketika anda ingin mendengar musik adalah Speaker Karaoke. Speaker merupakan suatu alat untuk mendengarkan musik yang kompatibel di berbagai jenis perangkat, seperti smartphone, komputer, laptop, televisi dan lain sebagainya.

 

Jenis Speaker Berdasarkan Tipe

Pusat alat karaoke terlengkap Jakarta menyediakan berbagai macam jenis speaker. Nah, berikut pembagian speaker berdasarkan tipenya yang perlu diketahui, yaitu:

 

  1. Speaker 2 Way

Speaker ini adalah jenis speaker yang menggunakan 2 sistem frekuensi, yakni tinggi dan rendah. Speaker yang termasuk dalam speaker 2 way yang dapat digabungkan, diantaranya ada speaker tweeter dan speaker woofer.

 

  1. Speaker 3 Way

Merupakan jenis speaker dengan 3 jenis frekuensi. Sehingga dalam penggunaannya speaker jenis ini menggunakan frekuensi tinggi, menengah dan rendah. Oleh karena itu, speaker 3 way mampu menghasilkan kualitas audio yang lebih lengkap dan bisa menghasilkan frekuensi mulai dari 20 Hz sampai 20 KHz. Speaker Full Range, Midrange dan Tweeter adalah speaker yang termasuk dalam jenis ini.

 

Jenis Speaker Berdasarkan Frekuensi

Selain penjelasan diatas, adapun jenis-jenis speaker yang dibagi berdasarkan frekuensinya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda:

 

  1. Speaker Woofer

Speaker ini memiliki kemampuan mengeluarkan frekuensi 40 Hz hingga 1.000 Hz, sehingga tidak heran jika speaker woofer dapat mengeluarkan suara yang cukup ngebass. Umumnya, speaker ini bisa anda jumpai pada speaker aktif atau sound system ruangan. Speaker Karaoke woofer memiliki ukuran yang beragam, mulai dari 4, 6, 10, hingga 12 inci.

 

  1. Speaker Subwoofer

Speaker ini mampu menghasilkan suara dengan frekuensi 20 sampai 200 Hz, sehingga memungkinkan pengguna untuk mendengar suara yang bernada sangat rendah atau ngebazz. Untuk speaker jenis ini biasanya dipasang pada perangkat komputer, sound system mobil dan lainnya. 

 

Di samping itu, speaker subwoofer juga dipercaya memiliki getaran yang cukup tinggi dengan desain ukuran speaker yang cukup besar jika dibandingkan dengan jenis speaker yang lain yakni 12 inci dan 21 inci. 

 

Jika anda ingin hasil kinerjanya optimal, maka anda bisa meletakkan speaker subwoofer pada sebuah box yang telah dilengkapi dengan lubang agar suara bass yang dihasilkan lebih baik.

 

  1. Speaker Midrange

Berkemampuan untuk menghasilkan suara dengan sangat jelas dengan frekuensi 500 – 5.000 Hz, sehingga lebih sering digunakan untuk menghasilkan suara vokal. Speaker midrange memiliki diameter dengan kisaran 4 – 6 inci saja.

 

  1. Speaker Tweeter

Speaker ini mampu menghasilkan suara dengan frekuensi tinggi, yaitu 5.000 sampai 20.000 Hz. Speaker tweeter biasanya digunakan saat memutar musik dengan nada tinggi, misalnya pada angklung, suara gitar atau suara kaca pecah. 

 

Tags: musik, speaker karaoke, alat karaoke, jenis speaker.